Senin, 18 Juli 2011

Novel; Gunung Makrifat


Gunung Makrifat adalah sebuah Novel yang lahir dari pengembaraan seorang yang mengikuti jalan Tarekat Sufi; dari perenungan dan dialog batin yang gak ada habis - habisnya antara tokoh dalam cerita dengan seorang pendaki di Gunung Gede yang bernama Ali. Obrolan mereka tak hanya berhenti sampai di Gunung saja namun berlanjut hingga di lereng Gunung merapi tempat Ali mengikuti tarekat, semacam pesantren. Di tarekat ini lah dia mengenal dunia sufistik lebih mendalam serta menimbah ilmu tentang misteri yang sering hadir di setiap perjalanan Ruhani.

Kisah dalam Novel ini sederhana, namun perbincangan di dalamnya dipenuhi dengan hidup dan Tuhan, tentang keruhanian, perjalanan intelektual, dan pergolakan batin dan dialog - dialog tentang ajaran kesufian.

Sang pendaki Gunung

dalam pengembaraanya tak hanya menyajikan kisah pertualangan di alam bebas tapi juga membawa kita bertualang dalam logika dan Agama, benar - benar sebuah Novel yang membuka jalan lebar untuk pendangan lurus akan Agama. Tak ada ujungnya sebuah pengembaraan di jalan Tuhan, kesadaran ini lah yang membuat sang pendaki memahami sebuah misteri terdalam dari Tauhid..

Ada sebuah perkataan Sufi yang gue inget di Novel ini, dimana Sufi itu marah dengan ucapannya "seandainya aku mampu, akan kusiram Neraka dan ku bakar surga. Agar tak ada lagi manusia yang beribadah hanya untuk mengharapkan Surga dan menjauhi Neraka"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tuliskan komentar anda