Selasa, 26 Juli 2011

SOMETHING THE LORD MADE


Something The Lord Made adalah sebuah film yang diambil dari kisah nyata kehidupan dunia kedokteran di John's Hopskin Hospital. Dr. Alfred Blalock adalah seorang dokter yang memilki teori jenius dalam memecahkan masalah medis yang dianggap mustahil oleh dunia kedokteran zaman itu. Seorang Tukang kayu Ras Kulit Hitam dipekerjakannya di Laboratorium miliknya, awalnya tukang kayu ini disuruh untuk merawat Anjing yang dijadikan bahan percobaannya dalam memecahkan masalah kedokteran dan membersihkan Laboratorium. ketika itu Vivien Thomas, Nama Orang negro tersebut, membaca buku kedokteran milik Dr. Alfred Blalock. Kejadian tersebut dilihat oleh sang dokter Jenius itu dan kemudian ditanyakannya cita - cita Tukang Kayu tersebut, dokter sangat kaget mendengar cita - citanya ingin menjadi seorang Dokter. Kemudian Vivien Thomas ditesnya mengambil gelas - gelas laboratorium dengan penjepit gelas. keterampilannya menjadi kayu menjadikannya begitu mahir dalam menggunakan Penjepit gelas. Akhirnya Vivien diberikannya Jas Laboratorium dan menjadi Assistennya selama penelitian.


Kemampuan mengingat dan Nalar logika yang dimiliki Vivien membuat Dr. Alfred Blalock menggantungkan ingatannya pada Vivien, semua teori dicatat oleh Vivien dalam catatannya. karena Usianya yang sudah tua dan sifat ambisius yang dimilikinya Dr. Blalock menjadi seorang Dokter yang Arogan. Seorang Dokter penyakit Jantung meminta Beliau untuk menyelamatkan Bayi yang terkena Penyakit Jantung bawaan, Usia bayi tersebut hanya tersisa 6 bulan bila tidak ada cara untuk mengobatinya. Semua dokter pada masa itu keberatan dengan teori Dr. Blalock dan menganggap itu semua adalah mustahil. Ketika semua Dokter memikirkan resiko, Blalock berpikir tentang peluang. Diajaknya Vivien memecahkan Khasus itu, teori - teori Blalock memang jenius namun usianya mengakibatkan daya ingat dan keterampilannya menurun. Ketika Operasi dilakukan Blalock tak mampu mangerjakannya sendiri, lalu Vivien dipanggilnya untuk menemani. Semua dokter yang hadir menyaksikan Operasi tersebut terkejut, seorang Ras Kulit hitam ambil andil dalam Operasi yang notabenenya adalah lingkungan untuk Kulit putih. kehidupannya di Zaman rasisme membuat Vivien hanya berperan dibelakang, semua kontribusi pentingnya tidak disorot oleh masyarakat, disetiap koran, majalah dan pemberitaan yang selau dibangga - banggakan hanya Dr. Alfred Blalock. Bahkan hatinya begitu hancur ketika Dokter Blalock dalam sambutan penghargaan yang diberikan padanya tidak pernah dia menyebutkan nama Vivien dalam kontribusi keberhasilannya melakukan Operasi Jantung pertama kali di dunia kedokteran tersebut.

Cerita ini berlatar belakang kehidupan dimana perbedaan warna kulit sangat menonjol, dan mereka yang disebut Colored (ras kulit hitam) diposisikan di urutan paling bawah dalam tatanan sosial Amerika.

Film ini gue rekomendaikan untuk pembaca tonton, bagus, mengharukan, serta ketegaran dan keiklhasan Vivien Thomas patut unutk kita saksikan dan kita teladani dalam kehidupan yang tidak ada keadilan didalamnya ini. Keikhlasan yang membuka mata dunia bahwa Tuhan menciptakan manusia adalah sama dimata-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tuliskan komentar anda