Sabtu, 07 Mei 2011

Learn From The Experts

Pada tahu Nia Dinata kan?, kemarin tanggal 4 Mei wanita yang biasa dipanggil Teh Nia itu mengunjungi Kampus gue dalam acara Djarum Beasiswa. Acara ini diadakan oleh para mahasiswa yang ngedapetin beasiswa tahun lalu. Acaranya cukup seru walau gue ngikutinnya gak nyampe abis. Dalam seminarnya Teh Nia memberikan materi tentang Film dokumenter, cara2 membuat film dokumenter, apa aja yang harus dilakuin,serta perkembangan perfilman di Indonesia, dan kata wanita super itu " you can make change with documenter film", sangat inspiratif!.
antrian mengikuti seminar Teh Nia

Seminar yang berlangsung di auditorium perpustakaan

Hal Terpenting yang harus dimiliki oleh pembuat film adalah pitching, yaitu cara kita meyakinkan ide cerita dalam film yang akan kita buat pada orang yang akan kita ajak kerjasama. Bisa dengan cara presentasi atau melalui obrolan saja, khusus untuk presentasi waktu maksimalnya adalah 10 menit. Kenapa perlu pitching ?, dalam membuat film Dokumenter sekurang - kurangnya pembuat film berjumlah 2 orang, oleh karena itu partner sangat diperlukan. Untuk mendapatkan rekan dalam pengerjaan film tentunya kita harus meyakinkan terlebih dahulu bahwa ide kita menarik, nah melalui pitching inilah kita mampu menarik minat orang agar mau bekerja sama dalam pembuatan film Dokumenter, you must confident!.

Lepas dari teori2 yang disampaikan oleh Teh Nia, menurut gue masalah terbesar dalam membuat film adalah menggerakkan naskah dalam kamera, Seperti halnya menjelaskan keajaiban pada realita. Bila keajaiban itu adalah RencanaNya maka Karya adalah buah manis dari ciptaanNya.

ayo Guys..,mari Berkarya!! mumpung masih muda