Selasa, 09 April 2013

Lo Nyesel Kan Kuliah #Biaya

Gue sedih, karena gue cerdas. Semakin lo tua seharusnya semakin lo cerdas, gak masalah lo gak dewasa, minimal lo cerdas.

Semakin lama kita hidup semakin tahu gimana rasanya hidup. Lo gak mungkin kan bilang kopi itu pahit kalau lo belum nyobain 2 sendok makan kopi setengah sendok gula diabetasol plus setengah gelas air mendidih, lo aduk.

Selama 5 tahun gue kuliah membuat gue berfikir, “wah... sombong banget gue, 5 tahun ngebuang-buang waktu. Duit. Tenaga.”. Gue, mungkin lo, rugi banyak dari hasil perhitungan kita pas SMA “cari ilmu = kuliah+belajar”. Sebenernya lo cukup belajar, kuliah gak bikin lo dapet ilmu, lo dapet ijazah doang di bangku kuliah. Dan ijazah gak jamin kemapanan lo, tetap aja kalau mau mapan ujung-ujungnya duit. Cari duit gak make ijazah, tapi ya.. make duit, bisa sih make bapak lo, tapi tetep... kalau bapak lo punya duit. Minimal jadi pejabat harus punya duit, bayar pejabat juga make duit!

Tuhan nyiptain emas ya kalau gak salah, bukan duit kan.. jadi tolong berhenti nyalahin Tuhan kalau gak dapet duit.

Hampir semua bahan kuliah lo dapet dari internet, beruntung kalau pas kuliah lo dapet dosen yang layak, tapi kan tetap aja.. selayak-layaknya dosen pasti bakal bilang kayak gini, “Mahasiswa itu harus aktif, kalau bisa sebelum kuliah anda pelajari dulu materinya, biar nanti kita tinggal diskusi. Referensi banyak kok, bisa kalian cari di Internet”. Intinya Internet.

Lo mesti jajal bangku kuliah dulu baru lo sadar kalau ada bangku yang lebih murah untuk dapetin ilmu, bangku warnet. Lo bayar 3000/jam.. dan lo bisa dapet ilmu lebih banyak daripada kuliah satu semester dengan biaya 800.000. Lo itung berapa kali lipat kerugian lo, dan berapa kali lipat keuntungan kampus lo.

Kuliah sekarang minimal 4 tahun. Anggap aja bayaran semester lo 800.000, satu tahun ada 2 semester, 2 X 800.000 = 1.600.000, di kali 4 tahun, sama dengan 6.400.000. itu baru bayaran semester, belum lagi biaya Praktek Umum, KKN. Di tempat gue total biaya KKN + PU = 1.050.000. Biaya penelitian teman gue yang paling murah 200.000, totalnya menjadi 7.650.000. Belum uang bulanan, bayar kosan, pacaran, ngeprint. Kita anggep aja 20 juta (gue rasa udah murah banget). Jadi, Total biaya 4 tahun lo kuliah adalah Rp 27.650.000, dikit lagi bisa naik haji. Itu masih beruntung kalau lo gak sempet kehilangan motor.  Lebih apes lagi kalau lo juga salah jurusan.

27.650.000 rupiah selama 4 tahun, lo belum kerja, cuma dapet ijazah. 

Kalau lo tipe mahasiswa yang cuma pengen nyari nilai doang, ya lo cuma dapet nilai, mungkin IPK lo 4.0, tapi ilmu lo 0. Kalau lo tipe mahasiswa yang mencari ilmu, lo dapet ilmu... tapi tetep sekitar 80% nya dari internet, yang biayanya cuma 3000 rupiah/semester. 

Ehmm... ini baru itung-itungan biaya, belum tenaga. Kalau waktu mah gak usah diitung, kan udah lo buang.

Udah iklasin aja, minimal lo tau. 

Oh iya, Jangan lupa. Kalau ada tetangga lo yang pengen anaknya kuliah, lo bilangin mending buka warnet aja dhe, selain anaknya dapet ilmu, anaknya juga bisa langsung dapet kerja. Keren kan!.

6 komentar:

  1. begitu ya bang? Ane pengen kuliah sih bang tp belum ada biayanya ,niat buat kuliah ada sih tapi entar dapet kerjaan dulu buat biaya,menurut abang gmn? Selama ini sih ane emg belajar via internet dulu bang

    BalasHapus
  2. kalau emang ada niat untuk kuliah kamu kuliah aja, tapi pilihlah fakultas dan jurusan yang sesuai dengan minat kamu

    BalasHapus
  3. Mangkanya jangan jadi orang MISKIn, kaya gue dong orang KAYA

    BalasHapus
  4. Kasian orang miskin sihhh, @Barbie setuju gue

    BalasHapus
  5. Bner bgt,kalau niat awal kuliah cuman skedar cari ijazah doang lbih baik urungkan niat mu untuk kuliah,karena buang2 waktu,tnaga,pikiran,dan tntunya uang..apalagi niatnya cuman mau pamer itu lbh parah

    BalasHapus

tuliskan komentar anda