Selasa, 14 Juni 2011

BAHAN INFRA

TEMPAT WISATA DI LAMPUNG

Lampung adalah salah satu provinsi lestari, potensi alamnya masih dalam keadaan cukup baik bila dipandang dari zaman global warming yang menjalar di tubuh Bumi kita saat ini. Naturalisasi dan modernisasi alam memiliki subtansi masing – masing yang seimbang, laut, gunung, hutan dan kota semuanya berada dalam satu kawasan. Hal inilah yang menyebabkan lampung menjadi salah satu provinsi yang berpotensi untuk menjadi Ibu Kota Negara Indonesia, karena selain daerahnya yang luas lampung juga memiliki kawasan alam yang indah, salah satu potensi terbesar dalam dunia Wisata, baik itu kuliner maupun Alam. Beberapa tempat wisata di Provinsi Lampung adalah sebagai berikut:

Objek Wisata Alam Lampung

Air Terjun Curup Tujuh

Objek wisata alam yang berlokasi di Kampung Marga Jaya Kecamatan Padang Ratu ini memiliki nuansa tersendiri. Air terjun tersebut mempunyai tujuh tingkatan air terjun diantara cela bebatuan yang terletak ditengah areal hutan dengan kondisi alam yang masih alami. Selain untuk berekreasi, dialiran air terjun, pengunjung dapat mandi dan menikmati sejuknya alam pegunungan yang terdapat di sini. Jarak tempuh dari Gunung Sugih menuju Air Terjun Curup Tujuh ini adalah 32 km.


Danau Telogo Rejo

Danau yang berlokasi di Kampung Sendang Baru Kecamatan Sendang Agung ini merupakan objek wisata tirta yang terletak di wilayah perbukitan. Kondisi alamnya yang masih alami memungkinkan pengunjung untuk berekreasi ke tempat itu. Kegiatan yang bisa dilakukan di danau diantaranya dayung dan lintas alam. Cocok pula untuk rekreasi keluarga. Suasana danau yang tenang dan asri setidaknya memungkinkan pengunjung berkunjung ke tempat tersebut. Danau Telaga Rejo ini terletak sejauh 71 km dari Gunung Sugih



Danau Bekri

Danau yang berlokasi di Kecamatan Bekri ini, merupakan danau alam yang terbentuk dari dua buah danau kecil dan berada diantara perkebunan kelapa sawit PT. Perkebunan Nusantara VII (PTPN VII). Di tengah danau terdapat gundukan tanah yang ditumbuhi pepohonan. Untuk mencapainya ada jembatan sebagai penghubung dan dipulaunya terdapat tempat bersantai/peristirahatan. Dari pusat ibukota kabupaten, untuk menjangkau tempat tersebut dapat melalui Kampung Wates, Kecamatan Bumiratu Nuban atau dari Gotongroyong Kecamatan Gunung Sugih. Jarak tempuh dari Gunung Sugih menuju Danau Bekri ini adalah sejauh 24 km.


Taman Rekreasi Tirta Gangga

Objek wisata yang berlokasi di Kampung Swastika Buana (SB) 13 Kecamatan Seputih Banyak ini merupakan wisata tirta yang tidak kalah menariknya. Objek wisata ini berjarak 36 km dari Gunung Sugih. Di buat tahun 1975 yang fungsi utamanya adalah sarana irigasi bagi beberapa daerah disekitarnya, seperti SB 12, SB 13 dan Rumbia. Danau yang memiliki luas sekitar 200 hektar ini terletak di tengah pemukiman warga keturunan Bali. Di objek wisata tersebut dapat di lihat Pura dan Patung Hanoman yang berada di tengah danau. Pada waktu tertentu, di tempat itu sering diadakan upacara ritual dengan tata cara adat istiadat dan tarian tradisional Bali.


Gua Maria

Objek wisata ini terletak di Kecamatan Seputih Mataram (24 km dari Gunung Sugih). Gua Maria identik dengan ritus umat Kristiani. Dari pusat ibukota Kabupaten Lampung Tengah, untuk menjangkau tempat ini, pengunjung dapat melalui Kelurahan Bandarjaya Timur (perempatan Kota Bandarjaya arah ke Merapi) Kecamatan Terbanggi Besar.



Obyek Wisata Unggulan Lampung

Propinsi Lampung telah menetapkan tujuh obyek wisata unggulan dalam upaya mewujudkan Lampung sebagai daerah tujuan wisata. Obyek wisata unggulan yang telah ditetapkan adalah :

1) Kawasan Wisata Bakauheni dan Land Mark Menara Siger,
2) Kawasan Ekowisata Kalianda dan sekitarnya,
3) Kawasan Wisata Agro Pekalongan, Lampung Timur,
4) Pengembangan Ekowisata Taman Hutan Rakyat Gunung Betung,
5) Pengembangan Ekowisata Taman Nasional Way Kambas,
6) Pengembangan Ekowisata Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tuliskan komentar anda